Sabtu, 13 November 2010

PENGERTIAN TELEKOMUNIKSI

PENGERTIAN TELEKOMUNIKSI

KONSEP DASAR TERMINAL TELEKOMUNIKASI
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'Telekomunikasi' bentukkomunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga.

 Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
 Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Telepon dan VOIP.
 Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

Terminal adalah suatu electrical interface antara suatu saluran dengan sumber berita, meskipun interface ini tidak memproduksi signal-signal itu sendiri. Kemampuan telekomunikasi dibatasi oleh :

1. Power dari signal yang tersedia
2. Latar belakang noise yang tidak dapat dielakkan
3. Keharusan membatasi bandwidth

SISTEL
Sistem Telekomunikasi adalah suatu kesatuan (totalitas) yang terdiri dari bagian-bagian yang disebut subsistem yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.



SISTEL (Sistem Telekomunikasi) terdiri dari :

 Pengirim, pemancar, sumber info
 Penerima, tujuan
 Media transmisi

Komponen SISTEL terdiri dari :

 Terminal Equipment (TE)
 Switching Equipment (Sentral)
 Transmission Line (Kabel,Radio&Satelit)
Terminal Equipment

Terminal Equipment (TE) sebagai suatu device yang merupakan sumber informasi yang hendak disampaikan ke tujuan tertentu dan juga dapat berupa pesawat telepon,komputer dll, bertindak sebagai pengirim dan penerima.

- Interface (antar muka) antara network/jaringan dan manusia/mesin.
- Mengubah informasi ke signal electric.

Switching Equipment

Switching Equipment (Sentral) sebagai alat penyambung antara saluran yang satu dengan saluran yang lain sehingga informasi yang dibawa oleh saluran sampai kepada tujuan.

Media Transmisi

Media Transmisi adalah sebagai perantara / penyampai antara terminal dengan sentral atau sentral dengan sentral guna menyalurkan informasi dari pengirim ke penerim.

Perangkat Terminal
Perangkat Terminal, perangkat disisi pelanggan (CPE) fungsinya untuk :
- Memanggil dan menerima secara bergantian.
- Memanggil saja
- Menerima saja


Fungsi dasar terminal telekomunikasi adalah melakukan konversi sinyal informasi dari pengguna menjadi bentuk yang dapat diteruskan sesuai dengan karakteristik sistem/jaringan telekomunikasi yang digunakan, dan sebaliknya.

Pada umumnya terminal merupakan suatu transducer. Transducer adalah sebuah alat yang fungsinya untuk merubah suatu energi dari suatu bentuk ke bentuk lain. Selain itu transducer juga bisa sebagai interface antara suatu saluran dengan sumber berita.


JENIS – JENIS TERMINAL
Terminal yang tergantung dari signal yang akan disalurkan untuk dikirimkan adalah sebagai berikut:
1. Terminal untuk penyaluran signal-signal suara, yaitu:
- Radio penerima
- Telepon
2. Terminal untuk penyaluran signal-signal tulisan, yaitu:
- Telegrafi
- Teleprinter
3. Terminal untuk penyaluran signal-signal gambar, yaitu:
- Facsimile
- Televisi
4. Terminal untuk penyaluran signal-signal data, yaitu:
- Modem

2.Terminal untuk Suara
Terminal untuk suara berfungsi untuk menangkap sinyal yang berupa gelombang dan diterjemahkan dalam bentuk suara oleh instrument instrument di dalam alat penerima sinyal tersebut. Terminal ini dapat mengubah sinyal yang didapatkan dengan menggunakan suatu transduser,sehingga apabila sinyal dan gelombang masuk ke alat penerima, transduser akan mengolah sinyal dan gelombang tersebut menjadi suara yang dapat didengar oleh manusia.
Komponen Komunikasi Suara
1. Sumber Suara
2. Media Transmisi
3. Penerima



Sumber Suara
Merupakan elemen yang bertugas mengirimkan informasi, contoh : Pesawat Telepon, dan Handphone
• Tugas : membangkitkan berita dan informasi dan menempatkannya di media transmisi.
• Pada umumnya dilengkapi transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi menjadi bentuk yang sesuai dengan media yang digunakan.
Media Transmisi

Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari sumber ke penerima data.
• Beberapa media yang digunakan sebagai channel transmisi/carrier data :
– Kabel
– Gelombang elektromagnetik
– Satelit
Telephon

Telephon adalah suatu bentuk terminal untuk menerima dan mengirimkan signal suara atau signal yang berbentuk gelombang akustik. Batas frekuensi suara manusia adalah dari 300 Hz – 3,4 KHz.

Komponen dan Cara Kerja Telephon


kabel
loadspeaker

microfon

suara diubah menjadi sinyal listrik oleh Mikrofon, sinyal-sinyal ini disssalurkan melalau kabel, diperkuat oleh Amplifier dan diubah kembali menjadi suara yang dipancarkan oleh loudspeaker.

3.Terminal untuk Tulisan

Terminal untuk tulisan merupakan terminal yang mengolah informasi yang dikirimkan dan yang diterima berbentuk tulisan atau huruf-huruf.Tiap-tiap huruf-huruf diwakili oleh kombinasi dari simbol-simbol tertentu.Sehingga dengan melalui proses coding ,kombinasi dan symbol-simbol ini dapat diubah menjadi tulisan yang sesuai dengan maksud pengirim, terminal untuk tulisan ini memiliki mekanisme alat yang berbeda dengan terminal lainnya,karena terminal ini mengubah dari sinyal gelombang,menjadi tulisan diatas kertas maupun dalam bentuk digital seperti SMS.Terminal untuk tulisan informasi yang dikirimkan dan yang diterima berbentuk tulisan atau huruf-huruf.Tiap-tiap huruf-huruf diwakili oleh kombinasi dari simbol-simbol tertentu.

TELEGRAPHY
Sistem telegrafi diwakili oleh kode-kode yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
• KODE MOUSE : Merupakan kombinasi dari kedua elemen-elemen titik-titik dan garis-garis.
• Kode Undulator : Kode ini dikembangkan untuk komunikasi yang menggunakan kabel laut. Kode ditentukan dengan plus, minus, dan nol sertamempunyai kombinasi yang sama dari arus-arus panjang dan pendek seperti kode morse.











Full Duplex :Jika ada kemungkinan pengiriman kedua belah arah secara bersamaan.Pesawat Teleprinter untuk Telegrap atau pesawat telex untuk hubungan telex,terdiri dari :
1. Pengirim,utk mengirimkan kode telegrap.
2. Penerima,sbg penerima kode telegrap.
3. Pencetak,sbg pencetak sesuai kombinasi kode yg diterima.
4. Motor,sbg penggerak alat mekanik
5. Keyboard,utk mengirimkan kode secara manual
6. RCU (Remote Contol Unit), untuk membangun hubungan :
a). Pesawat Teleprinter utk hubungan PtP melalui saluran sewa atau saluran khusus.
b). Pesawat Telex utk hubungan sentral telex/sentral data perlu alat utk seleksi yg dapat dilakukan dengan Rotary Dial dan Keyboard Selection.



Syarat Kerja Teleprinter :
Pesawat bekerja berdasarkan prinsip start-stop,
panjang pulsa 20 ms dan berurutan panjang pulsa stop 30 ms,
Kecepatan pesawat 50 bps.
Telegrap menggunakan jaringan sendiri terpisah dari jaringan utk suara.



4. Terminal untuk Gambar
Terminal untuk gambar dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu:
- Gambar diam
- Gambar bergerak



 Gambar diam

Terminal untuk gambar diam MMS
Multimedia Messaging Service (MMS) adalah sebuah standar layanan pesan telepon yang memungkinkan untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia, seperti gambar, audio, video, dan rich text.Layanan ini berbeda dengan Sms (Short Messaging Service) yang hanya dapat mengirim pesan teks saja. MMS digunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan selular dengan sistem perpesanan lainnya, seperti SMS, Mobile Instant Messaging, dan Mobile E-mail Standarisasi MMS dilakukan oleh 3GPP

FACSIMILE

Prinsip kerja dari pengiriman gambar diam dari facsimile adalah:

Cara Kerja: Gambar yang akan dikirim ditempelkan mengelilingi sebuah drum D. Sumber cahaya yang melewati lensa akan menyinari gambar tersebut. Refleksi sinar ini akan diterima oleh PEC (Photo Electric Cell). Dengan berputarnya Drum, sinar direfleksikan akan berubah-ubah intensitasnya sesuai warna gambar yang disinari. Arus dari photocell akanberubah-ubah sesuai dengan perubahan intensitas yang diterima. Seluruh bagian gambar akan kena diraba (scanning).
Prinsip kerja dari pengiriman gambar diam dari facsimile adalah:
Gambar yang akan dikirim ditempelkan mengelilingi sebuah drum D. Sumber cahaya yang melewati lensa akan menyinari gambar tersebut.
Refleksi sinar ini akan diterima oleh PEC (Photo Electric Cell). Dengan berputarnya Drum, sinar direfleksikan akan berubah-ubah intensitasnya sesuai warna gambar yang disinari. Arus dari photocell akanberubah-ubah sesuai dengan perubahan intensitas yang diterima. Seluruh bagian gambar akan kena diraba (scanning).

.




 Gambar bergerak

Terminal gambar bergerak mengolah sinyal yang didapatkan menjadi listrik uang dapat di gunakan untuk memproyeksikan gambar,contohnya televisi, dalam televisi ada televisi dengan CRT dan televisi dengan LCD.

TELEVISI
Prinsip dasar dari facsimile kemudian dikembangkan menjadi prinsip dasar dari sistem televisi.Bedanya ialah pada televisi gambar yang dikirimkan adalah gambar b kecepatan dan bergerak.
Untuk menimbulkan kesan “gambar hidup”, maka diperlukan pergantian gambar sebanyak 25 gambar perdetik detik.Jadi satu gambar mempunyai waktu diperlihatkan selama 1/25 detik.Waktu kecepatan dan fasa perabaan juga dipengaruhi oleh singkronisasi pada televisi.

CARA KERJA TELEVISI
Pesawat televisi akan mengubah sinyal listrik yang di terima menjadi objek gambar utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan.Pada pesawat televisi berwarna, semua warna alamiah yang telah dipisah ke dalam warna dasar R (red), G(green), dan B (blue) akan dicampur kembali pada rangkaian matriks warna untuk menghasilkan sinyal luminasi, sedangkan Pada televisi hitam putih (monochrome), gambar yang di produksi akan membentuk warna gambar hitam dan putih dengan bayangan abu-abu.










5. Terminal untuk Data
Sesuai dengan namanya maka informasi yang dikirimkan berupa data-data.Data-data ini dapat berupa tulisan, grafik maupun gambar-gambar. Pada terminal untuk data, informasi yang dikirimkan akan diproses atau diolah sehingga akan diterima oleh terminal yang dituju adalah hasil dari pengolahan atau pemrosesan informasi. Pusat pengolahan data dapat disebut juga dengan komputer. Konfigurasinya dapat terlihat sebagai berikut:








Blok diagram tersebut dapat diperinci lagi, dimana komputer itu terdiri dari bagian-bagian lainnya, seperti dibawah ini:

• Main Storage adalah suatu ingatan utama yaitu untuk menyimpan segala macam informasi yang diperlukan untuk mengolah data.
• Ingatan utama ini dapat dibantu oleh ingatan tambahan yang disebut dengan auxiliary storage, dan ini dapat berupa pita magnetik, piringan (disk) dan sebagainya.
• CPU adalah otak dari sistem komputer ini, yaitu suatu alat yang menghitung dan memproses informasi yang masuk maupun yang disimpan dalam storage yang disebut diatas.
• Control Unit adalah suatu unit untuk mengatur atau mengendalikan urutan tugas didalam sistem ini.
• Input/Output ini adalah yang disebut sebagai terminal dari data.

Prinsip kerja blok diagram modem









Modem berasal dari singkatan Modulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan signal informasi (yang berisi data atau pesan) dari signal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagaipenyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Sesuai diagram blok diatas merupakan modem duplex, yang artinya mempunya fungsi sebagai penerima sekaligus pengirim.

Pada blog diagram diatas signal data yang dilewatkan line telepon masuk ke dalam perangkat modem. Dalam blok modem terdapat beberapa blok rangkaian yang menpunyai fungsi masing masing, antara lain duplexer, VCO, narrowband filter dan demodulator. Signal dari line telepon pertama kali masuk ke dalam blok duplexer, fungsi blok duplexer disini adalah untuk mengurai antara signal yang diterima dan sinyal yang akan dikirimkan. Selanjutnya sinyal keluaran dari duplexer masuk ke dalam blok narrowband filter, dimana di dalam blok ini akan menyaring atau menyeleksi band frekuensi yang digunakan.

Keluaran dari blok narrow band filter selanjutnya mengalami penguraian data ( didemodulasi ) yaitu saat masuk dalam blok demodulator, Data yang telah didemodulasi selanjutnya langsung diterima perangkat
Sedangkan data dari perangkat masuk ke dalam modem dilewatkan pada buffer yang kemudian masuk pada Blok VCO. Rangkaian VCO ini adalah rangkaian “ Variable frequency oscillator “.


MODULASI
Pengertian Modulasi
Modulasi Adalah Pengaturan Parameter Dari Sinyal Pembawa (Carrier) Yang BerfrequencyTinggi Sesuai Sinyal Informasi (Pemodulasi) Yang Frequencynya Lebih Rendah, Sehingga Informasi Tadi Dapat Disampaikan.

Jenis-jenis Modulasi
• Modulasi Analog
Dalam modulasi analog, proses modulasi merupakan respon atas informasi sinyal analog.
Teknik umum yang dipakai dalam modulasi analog :
Modulasi berdasarkan sudut

1. Modulasi Fase (Phase Modulation - PM)
2. Modulasi Frekuensi (Frequency Modulatio - FM)

Modulasi Amplitudo (Amplitudo Modulation - AM)
1. Double-sideband modulation with unsuppressed carrier (used on the radio AM band)
2. Double-sideband suppressed-carrier transmission (DSB-SC)
3. Double-sideband reduced carrier transmission (DSB-RC)
4. Single-sideband modulation (SSB, or SSB-AM), very similar to single-sideband suppressed carrier modulation (SSB-SC)
5. Vestigial-sideband modulation (VSB, or VSB-AM)
6. Quadrature amplitude modulation (QAM)

Modulasi Amplitudo (AM)
Peristiwa modulasi terjadi dengan merubah-ubah amplitudo gelombang pembawa sesuai dengan perubahan amplitudo gelombang informasi.

Gambar Gelombang (AM)










Frequensy Modulation (FM)
Proses modulasi yang terjadi dengan mengubah-ubah frekwensi gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frekwensi sinyal informasi.

Gambar Gelombang FM



Phase Modulation (PM)
Modulasi ini menggunakan perbedaan sudut (phase) dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital.

Gambar Gelombang PM



Tujuan modulasi digital adalah untuk mentransfer digital lebih sedikit aliran analog passband saluran, misalnya melalui jaringan telepon diaktifkan umum (di mana sebuah filter bandpass batas-batas rentang frekuensi antara 300 dan 3.400 Hz), atau melalui frekuensi radio yang terbatas band .

Tujuan dari modulasi analog adalah untuk mentransfer analog baseband (atau lowpass) sinyal, misalnya sinyal audio atau sinyal TV, lebih dari passband analog saluran, misalnya frekuensi radio yang terbatas band atau sebuah saluran jaringan televisi kabel.

Modulasi Analog
• Modulation Theorem Frequency Transalation
• Shifting atau pergeseran dari spektrum didalam frequency domain
• Merubah atau menempatkan frekwensi rendah menjadi frekwensi yang lebih tinggi agar dapat dikirimkan/ditransmisikan melalui media transmisi
Jenis-jenis modulasi analog :
• Amplitude modulation (AM)
• Frequency modulation (FM)
• Pulse Amplitude Modulation (PAM)
Dalam modulasi Digital
Dalam modulasi digital, suatu sinyal analog di-modulasi berdasarkan aliran data digital.
Perubahan sinyal pembawa dipilih dari jumlah terbatas simbol alternatif. Teknik yang umum dipakai adalah :

1. Phase Shift Keying (PSK), digunakan suatu jumlah terbatas berdasarkan fase.
2. Frekeunsi Shift Keying (FSK), digunakan suatu jumlah terbatas berdasarkan frekuensi.
3. Amplitudo Shift Keying (ASK), digunakan suatu jumlah terbatas amplitudo.



ASK – Amplitude Shift Keying (ASK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan tertentu (misalnya 1 Volt) dan sinyal digital 0 sebagai sinyal digital dengan tegangan 0 Volt.

PSK – Phase Shift Keying (PSK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan tertentu dengan beda fasa tertentu pula (misalnya tegangan 1 Volt dengan beda fasa 0 derajat), dan sinyal digital 0 sebagai suatu nilai tegangan tertentu (yang sama dengan nilai tegangan sinyal PSK bernilai 1, misalnya 1 Volt) dengan beda fasa yang berbeda (misalnya beda fasa 180 derajat).

FSK – Frequency Shift Keying (FSK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi tertentu (misalnya f1 = 1200 Hz), sementara sinyal digital 0 dinyatakan sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi tertentu yang berbeda (misalnya f2 = 2200 Hz).

Gambar Gelombang ASK,PSK,dan FSK



Contoh modulasi sinyal analog yang sering kita jumpai adalah Frequency Modulation (FM) dan Amplitude Modulation (AM),

Keunggulan FM terhadap AM adalah:
1. Amplitudo yang konstan dari gelombang FM memungkinkan efisiensi pemancar yang tinggi.
2. Desah pada isyarat FM hanya sepertiga dari desah isyarat AM untuk lebarjalur yang sama.
Kerugian FM adalah kebutuhannya akan lebar jalur yang lebih lebarUntuk siaran hiburan, harga fm(max) biasanya adalah 75 kHz yang memungkinkan frekuensi pemodulasi sebesar 15 kHz.

Single-sideband modulation (SSB) adalah merupakan penyempurnaan dari amplitude modulation yang lebih efisien menggunakan tenaga listrik dan bandwidth

Vestigial sideband (VSB) adalah jenis amplitude modulation (AM) Teknik (kadang-kadang disebut VSB-AM) yang mengkodekan data dengan memvariasikan amplitudo satu carrier frekuensi.

Quadrature amplitude modulation (QAM)
adalah baik analog dan digital modulasi skema Ia menyampaikan pesan dua sinyal analog, digital atau dua aliran bit, dengan mengubah (modulasi) dengan amplitudo dari dua gelombang pembawa, dengan menggunakan amplitudo-shift keying (ASK) skema modulasi digital atau amplitude modulation (AM) skema modulasi analog.


MEDIA TRANSMISI
Devinisi Media Transmisi
Media Transmisi yaitu suatu media yang digunakan untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain. Adapun jenis media transmisi ini meliputi bentuk kabel, yaitu Twisted Pair, Coaxial, dan Serat Optik, serta dalam bentuk radiasi elektromagnetik.

TRANSMISI DIBAGI MENJADI 2
• SALURAN FISIK (GUIDED)
• SALURAN NON FISIK (UNGUIDED)


PENJELASAN GUIDED
• SaluranFisik ( Guided ): Dapat dilihat dan diraba keberadaannya.Disebut juga media guided, karena ada yang mengarahkan, dalam hal ini kabel. Media dengan saluran atau jaringan kabel dinamakan wireline.





PENJELASAN UNGUIDED
• Saluran Non Fisik: Tidak dapat dilihat dan diraba keberadaannya.Disebut juga media unguided, karena tidak ada yang mengarahkan.Biasanya berupa media udara.
• Gelombangyang digunakan adalah gelombang radio (frekuensi lebih tinggi dari media fisik).Media dengan saluran non fisik dinamakan wireless.

Twisted Pair
• Terdiri dari dua buah kabel tembaga tebal 1mm
• Kabel saling dililit untuk mengurangi interferensi
• digunakan untuk transmisi analog/digital
• sinyal digital: perlu repeater setiap 2−3 km
• sinyal analog:perlu amplifier setiap 5−6km
• Maksimum transfer rate 4 Mbps.

Fiber Optik
• Sangat tipis (2−125µm)
• Mengirimkan pulsa cahaya dalam satu arah
• Bandwidth lebar 108 Mhz
• Untuk jarak 1 km, data rate 1000Mbps
• Mencapai jarak 100 km tanpa repeater (Speed berkurang)
• Redaman rendah
• Kebal terhadap interferensi gelombang elektromagnetis

Line of Sight Transmission
• Tidak menggunakan media fisik
• Transmisi infrared, laser, microwave, radio

Kegunaan media transmisi
• Digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data.
• Beberapa alat elektronika, seperti telpon, komputer televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data.

Gangguan pada media transmisi
• Attenuation(Redaman) : Kekuatan sinyal makin lemah, dengan makin jauhnya melalui media transmisi.Sinyal diperkuat (untuk mengatasi redaman) dengan:Amplifier(Analog) dan Repeater(Digital) Redaman bertambah dengan makin tinggi frekuensi. Lebih berpengaruh pada sinyal analog dari pada sinyal digital.
• Delay Distortion : Kecepatan propagasi sinyal yang berbeda melalui media dengan frekuensi berbeda.Kritis untuk data digital.

KECEPATAN TRANSMISI
• Bit : Binary Digit
• Dalam transmisi bit merupakan pulsa listrik negatif atau positip
• Satuan kecepatan :
• Bps = byte per second, bps = bit per second
• Bps ≠ bps
• Satuan data digital
• 8 bit = 1 byte
• 1 byte = 1 karakter
• 1 KB = 1024 byte
• 1 MB = 1024 KB
• 1 TB = 1024 GB

JENIS KABEL YANG SERING DI GUNAKAN

1. TWISTER PAIR
2. COAXIAL
3. SERAT OPTIK (FIBRE OPTIC )
4. Bentuk radiasi elektromagnetik.

TWISTER PAIR
Media ini banyak dikenal karena telah banyak digunakan khususnya sebagai kabel telepon.

Karakteristik
 Terdiri dari dua buah kabel tembaga tebal 1mm
 Kabel saling dililit untuk mengurangi interferensi
 Digunakan untuk transmisi analog/digital
 Sinyal digital: perlu repeater setiap 2−3 km
 Sinyal analog:perlu amplifier setiap 5−6km
 Maksimum transfer rate 4 Mbps


KABEL KOAKSIAL
Kabel koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyalfrekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi dengan menggunakan kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar.

Karakteristik dari Kabel Koaksial
-Terdiri dari 2 konduktor dgn konstruksi yang berbeda dgn twisted pair
-Diameter 1-2,5 cm , kapasitas 10.000 kanal suara
-Spektrum dapat mencapai 500 Mhz
-Laju data ratusan -Jarak antar repeater 1 km
-Lebih tahan terhadap interferensi dan crosstalk dibanding twisted pair
-Jarak jangkauan lebih jauh
SERAT OPTIK (FIBRE OPTIC )
Perkembangan teknologi optic yang menghasilkan suatu serat optic yang dapat mentransformasikan data dengan pulsa cahaya.

KARAKTERISTIK KABEL SERAT OPTIK (FIBRE OPTIC )

 Sangat tipis (2−125µm)
 Mengirimkan pulsa cahaya dalam satu arah
 Bandwidth lebar 108 Mhz
 Untuk jarak 1 km, data rate 1000Mbps
 Mencapai jarak 100 km tanpa repeater (Speed berkurang)
 Redaman rendah
 Kebal terhadap interferensi gelombang elektromagnetis.










KEUNTUNGAN FIBER OPTIC

 Tahan terhadap gangguan RFI (Radio Frequency Interference) dan EMI (ElectroMagnetic Interference)
 Keamanan, tidak bisa disadap melaui kabel biasa
 Bandwith yang besar
 Tidak berkarat
 Jangkauan lebih jauh dibanding kabel tembaga
 Kecepatan transfer lebih tinggi .




KELEMAHAN FIBER OPTIC

 Goncangan fisik akan menjadi gangguan terhadap signalSulit dalam instalasi dibanding kabel tembaga

Unguided Transmission Media
Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.

Gelombang mikro





Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
Untuk komunikasi data melalui gelombang elektromagnetik (udara) yang paling banyak digunakan adalah dengan microwave. Kedua media sebelumnya mempunyai kesukaran karena bentuk fisiknya, microwave dapat mengatasi masalah ini, media ini juga mempunyai lebar band dan kecepatan cukup tinggi.

Bentuk radiasi elektromagnetik

Radiasi elektromagnetik (listrik dan magnet yang inteferensi) yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (Microwave), sistem satelit, sinar infra merah atau sistem laser. Selanjutnya, jaringan dengan media transmisi tanpa kabel ini disebut dengan istilah jaingan Wireless.
KEUNTUNGAN MICROWAVE
• Akusisi antar tower tidak begitu dibutuhkan
• Dapat membawa jumlah data yang besar
• Biaya murah, karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas
• Frekuensi tinggi atau gelombang pendek hanya membutuhkan antena yang kecil

KELEMAHAN MICROWAVE
• Attenuasi dipengaruhi oleh benda pejal
• Terpantulkan oleh permukaan datar, misal air atau metal/logam
• Diffracted (split) disekitar benda padat
• Terbelokkan oleh lapisan atmosphere





CIRCUIT SWITHCHING

Devinisi Swithcing
Dalam dunia telekomunikasi, jaringan circuit switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi.

Switched Network
melalui beberapa switching node yang saling terhubung sehingga membentuk suatu jaringan switching, atau disebut switched network
• Setiap node yang terdapat dalam jaringan switching bekerja tanpa memperhatikan isi data/ informasi yang ditransmisikan
• Data ditransmisikan melalui suatu rute yang ditentukan oleh proses switching di setiap node yang dilalui
• Koneksi node ke node lainnya biasanya dilakukan secara multiplex



Contoh Swithced network



Circuit Switching
• Dibangun ketersambungan secara fisik antara dua pihak yang berkomunikasi
• Sebelum komunikasi dilakukan, kedua pihak dihubungkan secara permanen(dedicated) oleh sistem switching
• Proses :
– Membangun sirkit
– Transfer data
– Memutuskan sirkit
• Jika sirkit tidak tersedia maka akan terjadi blocked (biasa diinformasikan dengan nada sibuk)
• Tidak akan ada informasi yang hilang sepanjang sirkit tersambung terus menerus
• Ada garansi quality of service
• Contoh: PSTN (Public Switched Telephone Network)

Keuntungan circuit swithcing
• Sekali koneksi terjadi jaringan transparan (seolah hanya koneksi langsung antar stations)
• Fixed data rate tanpa adanya delay
• Sangat baik untuk komunikasi real time



Kelemahan circuit swithcing
• Selama koneksi berlangsung, sirkit akan selalu diduduki walaupun tidak ada data yang dikirim
• Delay sebelum terbentuknya hubungan (call set up delay)

Packet Swithing – Connectionles
• Merupakan datagram service yang analog dengan pengiriman surat via pos
• Setiap paket/datagram harus diberi address
• Paket dikirim dari satu node ke node berikutnya dengan sistem store-and-forward. Setiap node menentukan rute secara independen untuk tiap paket (paket tidak harus dikirim melalui rute yang sama)
• Paket dapat sampai di tujuan tidak sesuai urutan, sehingga di tempat tujuan perlu pengaturan sesuai nomor urut paket.
• Tidak perlu session setup sebelum transfer data
• Tidak ada acknowledgement  mengurangi trafik, tapi perlu protokol dengan layer yang lebih tinggi untuk error cheking
• Contoh:
– Internet Protocol (IP)
– Connectionless Network Protocol (CLNP)

Message Switching
• Di tiap node yang dilalui pesan disimpan dalam buffer sebelum diteruskan
• Pesan diberi header yang berisi informasi ke mana pesan akan dikirim. Tujuan dapat lebih dari satu.
• Pesan baru akan diteruskan ke node berikutnya apabila telah diterima seluruhnya.
• Menggunakan teknik pengiriman “store and forward”
• Contoh:
• E-mail


Sama halnya dengan sirkit switch, message switch, message
yang diterima disimpan dulu didalam memory.
Untuk perangkat message switch biasa digunakan komputer atau beberapa sesuai keperluannya.



Packet switch
Demikian pula untuk packet switch peralatan hardware mirip dengan message switch.
Packet switch yang digunakan untuk keperlusan publik dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat melaksanakan switching bagi jumlah pelanggan dengan trafik tinggi dan kapasitas yang besar.

Lan equipment
Perangkat umum yang digunakan untuk LAN antara lain :
terminal, router dan modem, untuk protocol biasanya menggunakan X.25.




Terminal Router Terminal





Cell Mode
Cell mode terdiri dari dua jenis teknologi yaitu ATM dan DQDB.
ATM Asynchronous transfer Mode digunakan pada kecepatan tinggi dengan band lebar dan mampu untuk menangani berbagai layanan, baik voice, data maupun video.
DQDB (Distributed Queu Dual Bus), adalah teknologi yang digunakan untuk hubungan data dengan menggunakan switching yang tersentralisasi.
DQDB digunakan untukinterkoneksi LAN, dimana struktur cellnya terdiri dari 8 bits identik dengan ATM.




KOMUNIKASI SATELIT

Devinisi Satelit
Satelit adalah sebuah transponder yang diorbitkan pada orbit geostationary yang bertugas menerima sebuah frequensi dan meretransmisikan ke tempat lain.
• Geostationary : 36.000 Km diatas permukaan bumi
• LEO (Low Earth Orbit) : 900 – 10.000 Km diatas permukanan bumi, membutuhkan 66 satelit LEO agar dapat meng-cover seluruh permukaan bumi
Uplink : mentransmisikan data ke satelit
Downlink : menerima data dari satelit
Biasanya frequensi uplink lebih tinggi daripada downlink
.
Ada 2 bagian penting yaitu space segment (bagian yang berada diangkasa) dan ground segment (biasa disebut stasiun bumi). Dapat didefinisikan sebagai jaringan komunikasi gabungan dari berbagai media transmisi.



Keunggulan Komunikasi Satelit
• Cakupan yang luas: satu negara, gegion, ataupun satu benua
• Bandwith yang tersedia cukup lebar;
• Independen dari infrastruktur terrestrial;
• Instalasi jaringan segmen bumi yang cepat;
• Biaya relatif rendah per site;
• Karakteristik layanan yang seragam;
• Layanan total hanya dari satu profider;
• Layanan wireless yang independen;
Kelemahan Komunikasi Satelit
• Delay propagasi besar
• Rentan terhadap pengaruh atmosfir
• Up front cost tinggi
• Biaya komunikasi untuk jarak pendek maupun jauh relatif sama
• Hanya ekonomis jika jumlah user besar dan kapasitas digunakan secara intensif
Arsitektur komunikasi satelit
• Segmen angkasa
– Struktur/bus
– Payload
– Power suppy
– Kontrol temperatur
– Kontrol attitude dan orbit
– Sistem propulsi
• Segmen bumi
– User terminal, SB master, dan jaringan.



I. DAFTAR PUSTAKA
 Pesan,tanda dan makna :teks dara telekomunkasi karangan marcel danesi
 Etika komunikasi karangan Dr.Haryatmoko
 Linux Advanced Routing & Traffic Control HOWTO
 Comprendre le D-Link Wireless ADSL Router DSL-G604T (Developpez.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar